Mendekatkan Diri Dengan Sang Pencipta di Rumah Doa Bukit Rhema

 

Terkadang populernya sebuah acara televisi atau film membuat tempat-tempat yang menjadi lokasi acara atau film tersebut menjadi ikut terkenal. Begitu pula dengan lokasi film Ada Apa Dengan Cinta 2? yang menjadi terkenal setelah film tersebut meledak di pasaran. Imbasnya permintaan paket wisata Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting AADC 2 meningkat pesat. Salah satu lokasi wisata yang mendapatkan imbas positif dari hal tersebut adalah Gereja Ayam atau Rumah Doa Bukit Rhema. Adegan Cinta dan Rangga di tempat ini membuat banyak wisatawan yang penasaran dan memutuskan untuk datang kesini.

Nama resmi dari bangunan tersebut sebenarnya Rumah Doa Bukit Rhema karena sang pembuat bangunan ini berharap bangunan yang dia bangun menjadi tempat untuk berdoa bagi semua agama. Namum masyarakat umum lebih familiar dengan sebutan Gereja Ayam karena berbentuk ayam. Sejatinya bangunan tersebut bukanlah ayam tetapi merpati yang merupakan simbol kedamaian namun masyarakat sudah terlanjur mengasosiasikannya dengan ayam. Bangunan tersebut tampak berdiri dengan megah di salahsatu perbukitan di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Wisata Magelang

Berdasarkan sejarahnya rumah doa ini dibangun pada akhir tahun 1980an oleh Bapak Daniel Alamsjah. Beliau bemimpi untuk membangun sebuah tempat untuk berdoa di tempat ini yang merupakan desa dari istri beliau. Pada awalnya bangunan hanya berbentuk kotak sederhana mirip rumah-rumah pada umumnya dan kemudian muncul ide untuk menambah bagian bangunan yang menyerupai merpati. Niat awal Bapak Daniel adalah bangunan ini bisa digunakan untuk berdoa semua umat agama bukan diteruntukkan khusus untuk agama kristiani saja namun banyak yang salah paham dan mengira bangunan ini adalah gereja sehingga dikenal dengan sebutan Gereja Ayam.

Bangunan ini sempat terhenti pembangunannya karena kehabisan dana pada tahun 2010. Walau sempat digunakan sebagai tempat rehabilitasi pencandu narkoba akhirnya Gereja Ayam di tutup dan mulai terlupakan. Sebelum populer seperti sekarang beberapa wisatawan yang berwisata di Puthuk Setumbu datang ke tempat ini untuk melihat bangunan yang unik ini. Dengan mulai populernya objek wisata ini membuat masyarakat sekitar dan pemerintah mulai membersihkan dan merenovasi bangunan ini agar menarik banyak pengunjung dan puncaknya adalah digunakannya bangunan ini sebagai syuting AADC 2.

Lokasi Rumah Doa Bukit Rhema:

Rumah Doa Bukit Rhema terletak di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur atau sekitar 20 menit dari Borobudur.

Tips Wisata Rumah Doa Bukit Rhema:

  1. Pakailah busana yang nyaman.
  2. Karena harus berjalan jadi gunakan alas kaki yang nyaman.
  3. Terdapat mobil antar jemput dari parkiran ke atas bukit, bagi yang tidak kuat bisa mengunakan mobil tersebut.
  4. Jagalah kebersihan di kawasan Rumah Doa Bukit Rhema.