Qris Adalah Standar Kode QR Nasional dalam Pembayaran Digital Harus Anda Ketahui

Qris Adalah Standar Kode QR Nasional dalam Pembayaran Digital Harus Anda Ketahui

Qris adalah standar kode QR untuk transaksi pembayaran digital lewat aplikasi uang elektronik berbasis server, m-banking atau dompet digital. Bedasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia atau BI mulai tanggal 1 Januari 2020 untuk mewajibkan para penyedia layanan pembayaran non tunai menggunakan Quick Response QR Code Indonesian Standard atau QRIS. Keputusan ini memiliki dampak langsung bagi toko atau mitra yang menggunakan layanan dompet digital seperti GoPay, DANA, OVO dan LinkAja. Di Indonesia sudah tercatat sebanyak 1,6 juta pelaku usaha telah mengadopsi standar kode QR nasional ini.

Qris Adalah Standar Kode QR Nasional dalam Pembayaran Digital Harus Anda Ketahui

Standar kode QR nasional ini disusun oleh Bank Indonesia dan ASPI atau Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang menerapkan standar internasional EMVCo yang merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk menyusun standar kode QR internasional dalam pembayaran. Standar kode QR nasional yang satu ini memiliki selogan UNGGUL yaitu:

  • UNiversal, maksutnya QR ini dapat digunakan berbagai kalangan masyarakat baik kalangan atas sampai kalangan bawah sekalipun. Selain itu juga mendukung transaksi baik didalam maupun luar negeri.
  • GampanG, maksunya mudah dalam menggunakannya Anda hanya perlu memakai ponsel saja dan tentunya sangat aman.
  • Untung, maksutnya dengan menggunakan QR ini baik penjual maupun pembeli akan diuntungkan karena trasaksi yang mudah dan efisien karena hanya menggunakan satu kode QR untuk semua aplikasi dompet digital.
  • Langsung, maksutnya melakukan transaksi dengan kode QR ini cepat, intan dan langsung tidak bertele-tele.

Adapaun tujuan dari disusunnya standar kode QR nasional ini adalah agar pembayaran digital semakin mudah bagi masyarakat yang menggunakanya serta memudahkan regulator untuk melakukan pengawasan dari satu pintu saja karena dapat digunakan lintas platform dan aplikasi pembayaran digital. Batasan setiap transaksi yang dilakukan maksimal sebesar Rp. 2.000.000. Namun penyelenggara jasa sistem pembayaran dapat menetapkan sendiri batas maksimal harian atau bulanan transaksi dengan QR kode ini bagi setiap penggunanya. Biaya transaksi menggunakan standar kode QR nasional ini ditanggung oleh mitra sebesar 0,7%.